Entri Populer

Kamis, 10 Februari 2011

Rangkaian Acara Legu Gam 2011

Berbagai rangkaian kegiatan dalam event Legu Gam 2011 yang dibagi dalam beberapa program besar, yaitu:
1.Pawai Obor GAM ma CAHAYA - (Jum’at, 1 April 2011)
Pawai Obor ini merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mendoakan agar Kota Ternate selalu mendapat perlindungan dari Tuhan YME. Pawai obor Gam Ma Cahaya yaitu iring-iringan obar yang terdiri dari 1 buah Obor Besar dan beberapa obar kecil. Obor besar tersebut akan di lepaskan dari halaman kedaton kesultanan Ternate oleh Yang Mulia Sultan Ternate, kemudian di arak mengililingi Kota Ternate. Di setiap kelurahan obor besar ini akan di jemput kemudian dibawa secara estafet hingga mengililingi Kota Ternate, kemudian kembali ke kedaton kesultanan Ternate.
2.Open Ceromonial - (Sabtu, 2 April 2011)
Open ceremonial adalah rangkaian acara pembukaan Legu Gam Moloku Kie Raha 2011, yang terdiri dari :
-Prosesi adat para Sultan Moloku Kie Raha dan Permaisuri memasuki tempat acara yang di usung secara tradisional dan diiringi oleh para prajurit.
-Laporan dan Sambutan : Laporan Ketua Panitia, Sambutan selamat datang Sultan Ternate, Sambutan Gubernur Maluku Utara, Sambutan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI sekaligus membuka dengan resmi Legu Gam Moloku Kie Raha 2011
-Persembahan Teritikal
3.Kirab Budaya Maluku Utara “PESONA NEGERI ADAT “– (Sabtu, 2 April 2011)
Pertunjukan keaneka ragaman budaya dan adat Moloku Kie Raha dalam bentuk parade. Setiap peserta kirab akan mempertunjukan berbagai tema aneka ragam budaya Moloku Kie Raha. Sedangkan Ternate Fashion Street (TFS) adalah sebuah pertunjukan kreatifitas seni fashion generasi muda dibumi Moloku Kie Raha.
4.Festival Soya-Soya - (Minggu, 3 April 2011)1
Adalah pertunjukan soya-soya masal yang diikuti oleh seluruh pelajar SMP dan SMA se kota Ternate.
5.Perayaan HUT Sultan Ternate – (Rabu, 13 April 2011)
Upacara selamatan Ulang Tahun Paduka Yang Mulia Sultan Ternate yang laksanakan secara tradisional.
6.Seminar Budaya “Temu Sastrawan Indonesia”
(Kamis, 7 April 2011)
7.Bedah Buku : “Geliat Festival Legu Gam Moloku Kie Raha“
(Sabtu, 9 April 2011)
8.Kololi Kie Moto Ngolo “BAHARI BERKESAN“ – (Minggu, 10 April 2011)
Kegiatan ini dilaksanakan berupa keliling gunung/pulau Ternate melalui lautan yang tidak lain merupakan sebuah ritual yang dilaksanakan untuk memohon perlindungan dari Tuhan agar negeri ini senantiasa terlindung dari marabahaya. Kololi kie Mote Ngolo Bahari Berkesan ini menggunakan perahu dan di iringi dengan musik-musik tradisional. Event ini juga untuk melihat keindahan alam pantai Kota Ternate.
9.Legu Gam Diving Expedition – (Tanggal 9 s/d 10 April 2011)
Kegiatan ini dilaksanakan pada lokasi penyelaman di sekitar pulau Ternate dan melibatkan berbagai peserta Diving Nasional maupun Mancanegara
10.Jambore Otomotif – (Tanggal 9 s/d 10 April 2011)
Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan berbagai club otomotif yang ada di Kota Ternate. Maupun yang dari luar Kota Ternate, kegiatan ini bermaksud meramaikan Event Legu Gam 2011, dan juga mengunjungi beberapa tempat objek wisata dan peninggalan sejarah di kota ternate sekaligus melakukan bakti sosial (kebersihan lingkungan). Dengan mengawali perjalanan keliling pulau ternate, dan bermula dari halaman Keraton, dan kembali finish di lapangan Sunyie Lamo (Tapak I).
11.Tradisional Party: UPACARA PERKAWINAN ADAT TERNATE
(Selasa, 12 April 2011)
Salah satu bentuk pesta adat yang ada di Moloku Kie Raha yang memiliki keunikan tersendiri. Upacara perkawinan ini akan dikemas dalam bentuk paket budaya yang terdiri dari, prosesi masuk minta, antar belanja, wadaka, malam rorio, prosesi pernikahan dan pesta muda mudi. Upacara perkawinan ini akan dipusatkan disalah satu lokasi yang ditentukan.
12.Ritual Party: SALAI – (Rabu, 6 April 2011)
Salah satu upacara ritual masyarakat Moloku Kie Raha untuk pengobatan. Upacara ini akan digelar sesuai dengan tahapan ritual yang biasanya dilakukan pada upacara Salai. Upacara ini akan dilaksanakan disalah satu lokasi yang telah ditentukan.
13.Pemilihan Jojaru Ngongare Legu Gam Moloku Kie Raha 2011
(Sabtu, 9 April 2011)
Pemilihan duta-duta budaya dan pariwisata Moloku Kie Raha. Pemilihan ini diikuti oleh pelajar SMA, Mahasiswa dan masyarakat umum dengan ketentuan-ketentuan yang akan ditentukan.
14.Panggung Budaya – (Tanggal 25 Maret s/d 15 April 2011)
Pertunjukan kesenian musik, lagu dan tarian tradisional Maluku Utara. Panggung budaya ini akan menampilkan beberapa pertunjukan seni dari setiap kesultanan Moloku Kie Raha antara lain : Semalam di Ternate, Semalam di Tidore, Semalam di Bacan, Semalam di Jailolo, dimana setiap kesultanan akan menampilkan pertunjukan kesenian masing-masing daerah.
15.Legu Gam EXPO : Pameran Budaya, Pariwisata dan Komuditi Maluku Utara - (Tanggal 25 Maret s/d 15 April 2011)
Memamerkan berbagai keaneka ragaman budaya, komuditi unggulan dan hasil-hasil pembangunan di Moloku Kie Raha.
16.Penutupan “KONSER ARTIS“ – (Sabtu, 16 April 2011)
Pertunjukan hiburan rakyat dengan menampilkan hiburan menarik dari artis-artis daerah maupun dari Ibu kota.
Keseluruhan rencana program tersebut akan terwujud dengan baik jika seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah Maluku Utara terlebih Disbudpar Provinsi Maluku Utara dan seluruh pemerintah daerah Kabupaten/Kota se Provinsi Maluku Utara untuk lebih bekerja sama mensukseskan rangkaian acara Legu Gam 2011 tersebut diatas. Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar